Hewan endemik nusantara

Nusantara, atau wilayah Indonesia, memiliki sejumlah hewan endemik yang hanya bisa ditemukan di wilayah tersebut. Beberapa contoh hewan endemik Nusantara termasuk:

  1. Komodo (Varanus komodoensis): Komodo adalah kadal raksasa yang hanya ditemukan di Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Flores, Pulau Gili Motang, dan Pulau Padar di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.
  2. Orangutan Sumatera (Pongo abelii): Orangutan Sumatera merupakan salah satu spesies orangutan yang hanya ada di pulau Sumatera dan sekitarnya.
  3. Tarsius Sulawesi (Tarsius tarsier): Tarsius Sulawesi adalah primata kecil yang hanya ditemukan di beberapa pulau di kepulauan Sulawesi, termasuk Tarsius Dua Belas, Tarsius Sangihe, dan Tarsius Siau.
  4. Anoa (Bubalus depressicornis): Anoa adalah jenis kerbau kecil yang hidup di pulau Sulawesi dan Pulau Buton di Indonesia.
  5. Cendrawasih (Paradisaeidae): Cendrawasih adalah kelompok burung hias yang termasuk dalam famili Paradisaeidae dan sebagian besar hanya ditemukan di Papua, baik di Papua Nugini maupun Papua, Indonesia.
  6. Kuskus (Phalangeridae): Kuskus adalah marsupial yang banyak ditemukan di wilayah Indonesia timur, termasuk pulau Papua, Papua Nugini, dan sekitarnya.
  7. Burung Maleo (Macrocephalon maleo): Burung Maleo adalah spesies burung unik yang hanya ditemukan di Sulawesi Tenggara, Indonesia. Burung ini dikenal karena kebiasaan bertelurnya yang menyimpan telur-telurnya di bawah tanah.

Itu hanya beberapa contoh, masih banyak lagi hewan-hewan endemik Nusantara lainnya yang memperkaya keanekaragaman hayati di wilayah Indonesia.

Leave a Comment